6 Tanda-Tanda Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai

FinJ Media Ada beberapa gejala stroke yang tentunya harus senantiasa untuk diwaspadai. Stroke merupakan salah satu penyakit dengan angka mortalitas serta penyebab kecacatan paling tinggi di dunia.

Bahkan, ahli medis juga mengungkapkan bahwa satu dari empat orang akan mengalami stroke dalam jangka waktu kehidupannya. Maka dari itu, segeralah ambil tindakan jika diri Anda sudah memiliki tanda-tanda gejala stroke.

Stroke terjadi akibat pecahnya sumbatan pembuluh darah yang ada di otak. Sehingga, setengah jaringan yang ada pada organ tubuh akan mati karena tidak mendapatkan asupan aliran darah dan oksigen yang cukup.

Apabila tidak ditangani dengan segera, seseorang yang mengalami stroke akan memiliki kecacatan fisik serta kelainan neurologis yang sangat sulit sekali untuk disembuhkan.

Di Indonesia sendiri, angka stroke sudah cukup tinggi. Rata-rata disebabkan oleh hipertensi, diabetes, dan obesitas. Gaya hidup tidak sehat serta malasnya untuk berolahraga merupakan salah satu sumber utama terjadinya stroke.

Berdasarkan data yang diambil dari Kementerian Kesehatan RI, sebanyak 33,5 % masyarakat Indonesia malas untuk beraktivitas dengan fisik dan sebanyak 95,5 % usia di atas 10 tahun banyak yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur.

Stroke tentunya harus ditangani dengan segera. Karena jika terlambat satu menit saja dalam penanganannya, stroke bisa merusak sekitar 1,9 juta sel otak dan 14 miliar jaringan antar sel saraf.

Tidak hanya itu saja, stroke juga bisa mempercepat waktu penuaan sebanyak 3,1 minggu jauh lebih cepat. Jadi, bisa dibayangkan betapa bahayanya stroke jika tidak segera mendapatkan penanganan dan didiamkan terlalu lama.

6 Tanda-Tanda Gejala Stroke

Gejala Stroke
Image Source : bookingdokter.com

Lebih dari 80% masyarakat khususnya yang ada di Indonesia tidak mengetahui secara pasti tanda-tanda dari gejala stroke yang mengakibatkan banyaknya kasus kematian akibat stroke.

Bagi Anda semua yang belum tahu, berikut adalah 6 tanda-tanda gejala stroke yang harus diketahui. Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah periksakan ke dokter agar gejala tersebut bisa segera ditangani.

1. Senyum Tidak Simetris

Gejala Stroke
Image Source : theasianparent.com

Tanda-tanda gejala stroke pertama yaitu senyum tidak simetris. Tidak simetris dalam artian salah satu posisi ujung mulut terlihat naik pada saat tersenyum.

Secara tidak langsung, kondisi ini tentunya akan membuat seseorang akan merasa tidak nyaman. Bahkan, kesulitan untuk minum akan dirasakan hingga menyebabkan tersedak.

2. Gerak Tubuh Jadi Melemah

Gejala Stroke
Image Source : alodokter.com

Saat seseorang mengalami stroke, gerak tubuh secara otomatis jadi melemah. Melemahnya gerak tubuh terjadi secara mendadak tanpa disadari oleh orang yang mengalaminya.

Hal inilah yang tentu memiliki kaitan yang sangat erat dengan kematian saraf motorik yang ada pada area otak tertentu maupun yang ada pada area sumsum tulang belakang.

3. Kesulitan untuk Berbicara

Gejala Stroke
Image Source : alodokter.com

Akibat lumpuhnya saraf, tentu berbicara akan menjadi satu hal yang sulit untuk dilakukan. Penderita stroke akan kesulitan untuk dapat berkomunikasi secara lisan.

Inilah yang menyebabkan para penderita stroke tidak mengerti kalimat yang diutarakan oleh lawan bicara serta sering mengeluarkan kalimat yang tidak nyambung dan sulit untuk dipahami ketika berbicara.

4. Terasa Kebas Pada Setengah Area Badan

Gejala Stroke
Image Source : theasianparent.com

Tanda-tanda gejala stroke selanjutnya yaitu terasa kebas atau kesemutan di setengah area badan. Ini merupakan tanda-tanda dari gejala stroke yang harus senantiasa untuk diwaspadai.

Kebas atau kesemutan merupakan salah satu kerusakan saraf yang dapat mempengaruhi kinerja saraf otak dan sumsum tulang belakang. Akibatnya, setengah area badan akan mati rasa yang disertai dengan sensasi seperti ditusuk jarum.

5. Rabun Pada Salah Satu Bagian Mata

Gejala Stroke
Image Source : idntimes.com

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa saraf mata dan otak pastinya akan saling terhubung antar satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, saraf otak akan tersumbat hingga menyebabkan salah satu bagian mata mengalami rabun.

Gejala rabun yang dialami oleh penderita stroke terjadi secara tiba-tiba. Meskipun demikian, kondisi tersebut masih dapat terjadi karena faktor yang lainnya, misalnya seperti diabetes ataupun iritasi mata.

6. Sakit Kepala yang Berlebihan

Gejala Stroke
Image Source : bali.tribunnews.com

Sakit kepala berlebihan yang muncul secara mendadak seringkali menjadi salah satu tanda bahwa seseorang mengalami gejala stroke.

Akibat sakit kepala yang berlebihan, fungsi keseimbangan akan mengalami penurunan. Pandangan juga akan terasa berputar dan gerak tubuh menjadi sulit untuk diatur.

Itulah 6 tanda-tanda gejala stroke yang harus diwaspadai. Tanda-tanda gejala stroke yang telah dijelaskan di atas tentunya tidak boleh untuk disepelekan.

Jika Anda mengalami tanda-tanda yang mengacu pada timbulnya stroke, segeralah periksakan untuk mendapatkan pertolongan guna menghindari dampak yang lebih serius agar kesehatan dapat senantiasa terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *